Saturday, December 27, 2014

Pada kali ini, kita akan membahas mengenai resep nasi bakar. Nasi bakar pastinya bukan barang baru lagi bagi penggila kuliner. Sebenarnya, nasi bakar ini juga nasi biasa / pada umumnya yang di bungkus menggunakan daun pisang lalu di panggang atau di bakar. Dan pada umumnya, nasi bakar di isi dengan teri, daging ayam / sapi / kambing dan juga petai. Akan tetapi untuk bahan isian bisa bervariasi lagi. Tergantung anda menginginkan apa yang akan menjadi isi dari nasi bakar tersebut. Jika anda tahu dengan makanan yang bernama arem-arem, sebenarnya nasi bakar ini juga tidak jauh berbeda dengan makanan tersebut. Hanya saja yang membedakannya adalah cara pembungkusannya serta cara pengolahannya di mana nasi bakar di olah dengan cara di bakar sedangkan arem-arem dengan cara di kukus. Akan tetapi di kalangan masyarakat, nasi bakar lebih digemari daripada arem-arem.

Untuk saat ini nasi bakar juga sudah sangat gampang ditemukan di rumah makan sederhana hingga restoran yang terkenal. Namun bagi anda yang mencoba membuatnya sendiri di rumah dan tidak ingin repot - repot membelinya, anda bisa mencoba resep nasi bakar di bawah ini. Untuk pembuatannya sendiri sebenarnya tidak terlalu rumit dan sangat mudah. Dan untuk bahan - bahannya sebenarnya juga mudah di dapat ataupun bisa disesuaikan dengan keinginan anda. Untuk resep nasi bakar kali ini, kami akan menyajikannya dengan mencampurkan ikan teri sebagai isinya. Tentunya untuk urusan rasa pastinya sangat lezat dan nikmat. Berikut adalah langkah - langkah pembuatannya.

Bahan - bahan yang diperlukan :
  • - Beras, 500 gr
    Resep
  • - Santan, 750 ml
  • - Serai, 2 btg ( memarkan )
  • - Teri kering, 50 gr ( bersihkan )
  • - Daun pisang, secukupnya ( untuk membungkus )
Bahan bumbu halus :
  • - Bawang merah, 6 btr
  • - Bawang putih, 2 siung
  • - Garam, secukupnya
Cara pembuatannya :
  1. Campurkan terlebih dahulu beras dengan santan, serai, teri, dan bumbu - bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah itu aduk terus sampai semuanya tercampur rata. Masak hingga santan meresap. Kukus hingga matang, sisihkan.
  2. Setelah itu bungkuslah nasi yang sudah dikukus tadi dengan daun pisang. Setelah itu bakar nasi yang sudah dibungkus daun pisang tadi di bara api, tunggu hingga matang / berubah warna kecokelatan.
  3. Setelah matang, nasi bakar siap di santap. Anda juga bisa menambahkan lauk sesuai dengan keinginan anda, dan juga bisa dinikmati dengan sambal serta lalapan.
  4. Tidak sulit bukan pembuatannya. Nasi bakar ini juga sangat pas jika disantap dalam keadaan hangat. Selamat mencoba.
Catatan : Cuci terlebih dahulu dan jemur daun pisang yang akan dipakai agar tidak mudah sobek ataupun bocor.

Categories: , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!