Sunday, December 28, 2014

Resep lasagna kentang kukus saus keju merupakan salah satu variasi dari resep original lasagna yang merupakan makanan khas Italia.
Bahan untuk memasak lasagna kentang kukus dibagi menjadi tiga kelompok bahan, yaitu bahan kulit, bahan isi dan bahan saus keju. Berikut ini adalah bahan-bahan dalam resep lasagna kentang kukus:
  1. Bahan kulit : kentang kukus yang sudah dihaluskan sebanyak 75 gram, tepung terigu berprotein sedang 75 gram, telur 1 butir, susu cair 200 ml dan garam cukup ½ sendok teh.
  2. Bahan isi : bawang putih 2 siung dicincang halus, bawang Bombay ½ siung dicincang kasar, daging ayam giling 100 gram, wortel dipotong dadu dan direbus, parutan 2 buah tomat, saus tomat 125 gram, garam 1 sendok teh, merica bubuk ½ sendok teh, gula pasir 1 ½ sendok teh, air 300 ml dan margarin atau minyak goreng untuk menumis.
  3. Bahan saus keju : tepung terigu berprotein sedang 2 sendok makan, susu cair 250 ml, keju cheddar yang diparut 25 gram, garam dan merica bubuk masing-masing ¼ sendok teh, margarin untuk menumis.
Resep

Tahapan pembuatan lasagna kentang kukus:
  1. Kulit lasagna dibuat dengan mencampurkan semua bahan kulit hingga rata dan buat dadar dengan wajan yang datar dan anti lengket.
  2. Bahan isian dibuat dengan langkah pertama menumis bawang putih dan bawang Bombay hingga tercium aromanya kemudian masukkan daging ayam giling, wortel dan bahan isi lainnya. Masak hingga matang sambil tuangkan air sedikit demi sedikit dan terus diaduk hingga mengental.
  3. Letakkan selapis kulit lasagna di pinggan tahan panas, kemudian siram dengan bahan isi, ulangi tahapan tersebut hingga bahan kulit dan isi habis.
  4. Panggang dengan suhu 170 derajat celcius kurang lebih selama 35 menit.
  5. Saus keju dibuat dengan mencairkan margarin, kemudian menambahkan tepung terigu dan diaduk hingga menjadi butiran. Setelah itu susu cair dituang perlahan-lahan hingga tepung larut. Tambahkan parutan keju cheddar, garam, merica, dan masak hingga mengental. Tuang di atas saus tomat yang telah dioleskan sebelumnya pada lasagna yang sudah matang.
Demikianlah resep lasagna kentang kukus yang dapat dijadikan menu special untuk dinikmati bersama keluarga tersayang di akhir pekan ini. Selamat mencoba !.

Categories: , , , , ,

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!