Thursday, December 25, 2014

Resep Cara Membuat Bubur Sumsum - Seperti yang kita tahu, bubur sumsum merupakan bubur lembut berwarna putih dengan di kuah berwarna merah dengan rasa manis karena kuah tersebut terbuat dari air gula merah, sedangkan buburnya sendiri terbuat dari tepung beras. Orang jawa jaman dulu seringkali membuat bubur seperti ini, karena selain rasanya yang enak, juga cocok untuk kesehatan. Tidak hanya bayi yang mengkonsumsinya, tetapi orang tua pun banyak yang menyukai.  Saya sendiri dulu sering setiap pagi memakan bubur sumsum ini, karena masih ada yang membuat dan menjualnya. Namun sekarang, keberadaan bubur sumsum terasa asing bagi beberapa kalangan.

Mungkin bagi anda yang kangen dengan rasanya yang lembut dan terasa meleleh di mulut, atau bagi yang penasaran dengan bubur sumsum, bisa anda coba sendiri di rumah. Karena saya yakin, sekarang sudah jarang bahkan tidak ada yang menjualnya di pasaran. Bubur sangat bagus untuk dikonsumsi terutama bagi yang bermasalah sistem dengan pencernaannya. Kinerja usus tentunya akan sangat terbantu karena makanan yang masuk ke dalam perut sudah dihaluskan, sehingga sari-sari makanan banyak yang bisa menyebar ke seluruh anggota badan. Sekarang mari kita simak bagaimana cara membuat bubur sumsum.

Bahan-bahan dasar :
    Resep
  • Tepung beras sebanyak seratus gram
  • Daun pandan yang masih segar 3 helai
  • Santan sebanyak 650 mili liter (atau santan hasil perasan dari satu kelapa)
  • Garam setengah sendok teh
Saus bubur :
  • gula merah sebanyak dua ratus gramyang diiris tipis
  • Daun pandan dibikin simpul (sebagai penyedap)
  • Air sebanyak seratus mili liter
Langkah-langkah pembuatannya :
  1. Sebagian santan, tepung beras, serta garam diaduk rata, lalu sisihkan.
  2. Santan yang masih sisa dipanaskan beserta daun pandan (yang sebelumnya disobek-sobek, dan dibuat simpul) memakai api sedang, aduk-aduk sampai rata.
  3. Masukkan adonan tepung yang dibikin tadi dan aduk sampai matang dan kental.
  4. Campurlah semua bahan saus, rebus sampai kental lalu saring.
  5. Bubur sumsum siap disantap bersama siraman saus gula merah.

      0 comments:

      Post a Comment

      Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!